Saturday, June 11, 2016

PMI, Penyelamat Danau Toba

Source : uny.ac.id
Relawan Lingkungan


PMI adalah sosok malaikat penyelamat yang selalu hadir dalam aksinya. Mereka adalah sekumpulan manusia-manusia yang peduli akan lingkungan hidup yang makin hari makin hancur. Kehancuran lingkungan tentu saja sangat merugikan manusia dan mahluk hidup lainnya baik di masa sekarang ataupun dimasa yang akan datang. Maka, sebagai manusia, kita wajib menjaga lingkungan supaya tetap baik dan seimbang. Tetapi saat ini, di daerah indonesia banyak ditemukan kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh manusia itu sendiri, baik sengaja ataupun sengaja dengan berbagai macam faktor yang menguntungkan segelintir orang dan merugikan banyak oranglain.
Salah satunya adalah Kebakaran Hutan yang terjadi di Jambi dan Riau. Berhektar-hektar hutan dibakar dan dijadikan sebagai lahan pertanian kelapa sawit. Dampaknya, Kiriman asap membanjiri sebagian wilayah Indonesia bahkan negara tetangga dan menyebabkan berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh asap tersebut. Tentu, siapa yang harus bertanggungjawab dalam peristiwa ini? Semuanya sudah terjadi dan semoga hal ini tidak terulang lagi di Indonesia. Semua orang sudah merasakan dampaknya. Kerusakan hutan juga memberi dampak negatif terhadap mahluk hidup disekitarnya. Semakin berkurangnya hewan dan mahluk hidup yang berada di hutan.
Untuk itu, PMI yang dikenal sebagai Palang Merah Remaja turut membantu menyelamatkan dan menjaga kelestarian hutan dan mahluk hidup. Kepedulian melalui tindakan nyata dengan cara menanami pohon kembali di hutan, menanam pohon bakau di sekitar pesisir pantai sebagai upaya untuk mencegah erosi, memungut sampat di sekitar pantai, bahkan turut melindungi biota laut mulai dari terumbu karang sampai mahluk laut itu sendiri. Semua ini dilakukan sebagai aksi peduli untuk menjaga ekosistem alam. Berbagai tim di bagi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.
Aksi dari PMI sekiranya di tiru oleh berbagai elemen masyarakat dan ikut membantu melakukan aksi kepedulian lingkungan. Mengapa harus PMI yang datang ke wilayah kita? Apakah kita tidak mampu menjaga kelestarian lingkungan kita sendiri?  Semua orang harus turut dalam menjaga lingkungannya, Kepala desa dapat memimpin dan  musyawarah tentang penyuluhan tentang lingkungan hidup, sehingga setiap orang semakin sadar untuk mencintai lingkungannya sendiri. Mulai dari membiasakan membuang sampah di tempat sampah, diet plastik, tidak membakar hutan luas, merusak terumbu karang dan lainnya. Tentunya, Menjaga Lingkungan harus tanggungjawab bersama.
Di kampung saya Pulau samosir yang terkenal akan keindahan Danau Toba kerap melihat sampah mengapung di danau, sampah ini berasal dari pengunjung yang membuang sampah seenaknya ke Danau Toba, sehingga air Danau Toba menjadi keruh dan kotor. Di bukit, kerap kali ada pembakaran hutan yang menyebabkan musnahnya pohon-pohon. Pelakunya jelas manusia yang tidak bertanggungjawab, padahal sekitar seratus relawan di tugasi untuk menanam pohon yang bertuliskan pulau samosir di bukit menjadi musnah. Pelaku jelas orang yang tidak sadar akan lingkungannya. Relawan tersebut di datangkan dari luar daerah dan ditugasi untuk menanam seribu pohon dalam rangka membentuk Danau Toba yang sejuk.
Dulu, Samosir memiliki cuaca yang sejuk tetapi saat ini, cuaca di sini tak lebih dari cuaca di kota yang panas. Berbagai polemik juga menghinggapi masyarakat sekitar seperti, gagal panen karna kurangnya persediaan air dari bukit. Sehingga masyarakat banyak yang gagal panen bahkan lebih dari sekali akibat ketidak seimbangan lingkungan hidup. Pelaku utamanya tentu masyarakat sekitar. Para relawan yang telah menanam pohon di samosir patut di banggakan karna kepedulian mereka terhadap lingkungan padahal mereka bukanlah penghuni pulau tersebut tetapi, demi keindahan dan kelestarian Danau Toba, mereka rela menanam pohon di bukit. Tentu bukan perkara yang mudah, berbagai rintangan mereka alami dan lewati. Menembus hutan, menanam pohon dan sebagainya. Mereka adalah Pahlawan lingkungan hidup yang ingin mempertahankan lingkungan baik. Semoga, kami generasi muda dapat meneladani dan menjaga kelestarian Danau Toba dengan baik. Saya sangat menghargai dan mencintai Organisasi PMI. Semoga semua relawan menjalankan tugasnya dengan baik.


No comments:

Post a Comment